kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Kematian Impian

20 Februari 2010 saya pernah menulis hal di bawah ini

Lalu saya berpikir kematian tidak seharusnya menjadi sebuah perayaan

apalagi sampai harus berutang

ala membuat resepsi perkawinan.

Saya sekarang memutuskan

jika memang kematian menyapa

ijinkan tubuh saya didonorkan saja.

dari ujung rambut sampai ujung kaki,

untuk yang membutuhkan organ

ataupun penelitian.

Aku tidak pernah takut menghadapi kematianku sendiri kapanpun itu harus terjadi. Yang selalu kutakutkan adalah kematian orang-orang yang kucintai, orang-orang yang kuanggap berarti dan itu bisa dihitung dengan jari.

Aku telah menulis tentang pernikahan impian, rumah impian, day care impian, dan kupikir mengapa tidak aku menulis soal kematian impian. Kalau boleh aku memilih, aku ingin mati meledak diatas pesawat yang sedang terbang. Aku mati dan meninggalkan uang santunan yang cukup untuk ahli warisku. Tidak ada ritual. Tidak ada upacara. Namun kupikir itu terlalu menyakitkan untuk orang-orang yang mencintaiku. Sesuatu yang mendadak tanpa ada kesempatan kata terakhir adalah hal yang tidak adil buat orang lain. Maka kupikir mati secara wajar buatku adalah pilihan yang menyenangkan untuk berbagai pihak. Aku tidak mau mati akibat penyakit menahun. Aku hanya ingin mati jika tugasku di bumi ini selesai.. Aku ingin terus berkarya sampai detik terakhir aku hidup.. Jika memang sudah tidak ada lagi yang bisa kubuat.. lebih baik aku angkat kaki..

BUNGA
Jika nanti aku mati, tidak perlu banyak bunga, karena sungguh aku lebih menghargai pemberian bunga itu ketika aku hidup. Aku selalu suka warna mawar, harum melati dan semarak kamboja. Selama ini aku belum pernah mendapat pemberian bunga dari orang, tapi aku pastikan aku akan sangat berbahagia mendapat bunga ketika aku masih bisa menikmatinya daripada sekedar menjadi pemanis diatas pusara.

PETI
Pilihkan saja peti mati termurah untukku toh aku tinggal jasad.. Biarkan tubuhku cepat hancur dan mengurai.. Tak perlu meletakkan barang-barang apapun di dalam peti itu. Aku tak perlu Alkitab di dalam peti karena aku tidak tertarik membacanya ketika aku telah mati. Aku tidak perlu salib untuk menunjukkan pilihan religiusitasku. Tak perlu ada perhiasan menghiasi tubuhku.

TEMPAT
Kuburkan aku dimana saja ada tempat yang tersedia. Tidak perlu menyatukanku satu liang dengan orang tuaku atau dengan siapapun yang hanya membuat orang-orang yang kutinggalkan menjadi repot.

WAKTU
Aku mau ketika aku mati, aku telah mengungkapkan perasaan cintaku kepada orang-orang yang kucintai. Aku telah memberi ciuman perpisahan lalu menghembuskan nafas terakhir. Kapanpun aku mati, saat itu pula secepatnya aku dikebumikan. Tanpa formalin untuk menunda pembusukan, tanpa acara pelepasan berkelamaan.

ACARA
Jangan berdoa di depan jasadku karena sungguh aku hanya butuh doa-doa itu ketika aku hidup bukan ketika aku mati. Pun tidak perlu memanjatkan doa berhari-hari setelah aku mati karena aku pun tak kan tertarik untuk bergentayangan mengamati orang yang kutinggalkan setelah aku mati. Ijinkanlah dia yang mencintaiku menunjukkan rasa kehilangannya sesuka hati. Biarkan ia menangis jika itu melegakan hatinya dan tak perlu dipertanyakan jika hanya diam seribu bahasa tanpa meneteskan air mata. Jangan buat acara berlarut-larut terlalu lama.

MUSIK
Ah..My Girl from the Temptations kurasa tepat untuk mengiringi kepergianku. Tak perlu irama menyayat hati karena aku pergi dengan berbahagia. Kenanglah aku sebagai orang yang telah memberi sentuhan-sentuhan hangat ke beberapa manusia di muka bumi ini tanpa perlu berlarut-larut dalam kesedihan.

PAKAIAN
Apapun yang mudah dimasukkan ke tubuhku.. tapi aku rasa akan sempurna kematianku jika aku masuk ke dalam peti dengan pakaian terakhir yang kukenakan. Sebuah gaun merah panjang nampaknya terlihat manis untuk masuk peti mati. Orang yang melayat pun tak perlu memakai pakaian gelap. Warna warni, motif bunga, apapun itu, buatlah hari kematianku menjadi semarak bukan suram. Tidak ada perlu yang diratapi dari kematian seorang Vivi karena ia hanya menjalani sebuah kehidupan baru yang dia hadapi dengan senyuman bukan ketakutan.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 20/02/2010 by in cuapcuap and tagged .

Ranah Rana

Body Talk workshop. Further info please contact @drhrani :* So why some vets offer HUMAN birth control injection to cats? well many reasons I can't mention in social media of course. duuuhhh.

Is it safe? apakah aman? seminggu sekali saya selalu terima whatsapp org yang panik tanya apakah bisa steril kucingny pyometra segera. Begitu dari lubang vagina keluar cairan putih nanah, kejaran waktu dimulai antara : mendapatkan dokter hewan yang siap untuk tindakan operasi dan DANA. Kl pecah? ya RIP. sederhana. 
Lanjutkan suntik KB nya! lanjutkan sayang. Nangis2nya nanti ke dokter hewan yang suntikin ya. bukan ke saya.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Bulatan putih ini nanah yang kl sampai pecah berbahaya untuk kucingnya. 
Selain karena suntik KB, pyometra bisa terjadi karena beberapa sebab lainnya. #infosteril The main problem among Indonesian cat lovers: they can't afford neuter / spay fee. Even when they ask how much is it cost in Rumah Steril (±US$ 30), they still complaining the price is expensive. 
So what happen next? some vets in Indonesia offer human birth control injection. it is cheap with consequences. Pyometra for example. 
I do not mind. Feel free to keep doing it. not my cats anyway.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Belajar Yuk!
Ovarium yang sehat ada di kiri.
Ovarium yang tengah ada kista (bening jd memang susah keliatan sih).
Ovarium yang kanan penuh nanah. LANJUTKAN SUNTIK KB NYA. lanjutkannn.... #infosteril I don't know about other country, but in Indonesia, it is cheaper to bring your cat in food container like this instead of pet cargo. We call it 'rio basket' because you can find RIO sticker on it.

It can be found in pet shop or grocery store like this :) utk yang baru pakai instagram, begini cara mencari info steril. Masukkan tanda pagar (#) lalu kata kunci 'infosteril' seperti contoh di samping.

Kamu bisa menemukan banyak informasi steril di berbagai kota. Ada yang rutin seperti Steril Yuk di Bekasi, Steril di Jogja, Surabaya dan kami sendiri Rumah Steril di Depok.

Kalau sebuah kota tidak bisa rutin steril, maklumilah. Ingat:
1. dokter hewan tidak sebanyak rumah makan padang di kota kamu

2. tidak semua dokter hewan setuju dengan steril murah.

Kicauan

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

