kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

pujian berlimpah

Saya memperhatikan kecenderungan orang pada umumnya untuk mudah sekali menyampaikan kritik atau menegur kesalahan namun enggan sekali untuk memberikan pujian walaupun pujian itu kepada sebuah tindakan yang sepele. Sebenarnya bukan cuma murid yang butuh pujian, orang dewasa pun butuh pujian karena tiap orang di bumi ini masih bersekolah di sekolah kehidupan. Dalam pembelajaran di sekolah kehidupan ini sebenarnya orang justru bisa berubah ke arah yang lebih baik ketika pujian itu diberikan berlimpah daripada sebuah teguran atas kesalahan yang membuat orang menjadi undur dalam mengembangkan dirinya.

Pujian atau reinforcement sebenarnya adalah hadiah kecil yang bisa kita berikan kepada siapapun tanpa perlu ada batasan. Tidak perlu ragu untuk sering memberikan pujian & lakukanlah itu dengan tulus, sepenuh hati & ekspresif. Memang mungkin banyak dari kita yang dibesarkan oleh orang tua yang sekedarnya memberikan pujian ketika kita melakukan sesuatu yang positif tapi dengan detail dan sigap akan memberikan kita kritik ketika  kita membuat suatu kesalahan. Namun bukan berarti kita harus mengulangi kesalahan yang sama dengan pendahulu kita bukan?

Saya sendiri tidak ragu memberikan pujian kepada murid saya ataupun kepada orang di sekitar saya ketika mereka melakukan sebuah hal kecil ataupun sederhana. Bisa saja orang tersebut menerima banyak pujian dari saya dalam sehari, saya memujinya karena dia mau membantu saya mengambilkan gelas, saya memujinya karena dia mengalah, lalu saya memujinya karena dia berinisiatif merapikan meja tanpa perlu saya ingatkan lagi. Buat saya ketika saya ingin melihat perubahan orang di sekitar saya, maka yang saya lakukan adalah memberikan pujian langsung ketika orang tersebut melakukan sebuah perilaku positif. Biasanya pujian yang saya ucapkan bukan cuma sekedar ‘wah bagus sekali’ atau ‘wah anak yang baik‘ tapi saya akan bilang ‘wah aku suka sekali kamu mau mengalah..saya bangga sekali sama kamu

Jadi formula saya dalam memberikan pujian jelas : saya akan langsung memberikan pujian langsung ketika perilaku itu muncul, saya akan memberikan pujian itu dengan detail sehingga orang tersebut tahu perilaku apa yang saya suka, dan terakhir saya mengucapkannya dengan ekspresif; saya tidak ragu untuk menunjukkan muka saya yang penuh semangat dan keceriaan untuk memberikan pujian

“Too often we underestimate the power of touch, a smile, a kind word, a listening ear, an honest compliment or the small act of caring, all of which have the potential to turn a life around” (Leo Buscaglia)

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 12/03/2011 by in lesson and tagged , , , .

Ranah Rana

Body Talk workshop. Further info please contact @drhrani :* So why some vets offer HUMAN birth control injection to cats? well many reasons I can't mention in social media of course. duuuhhh.

Is it safe? apakah aman? seminggu sekali saya selalu terima whatsapp org yang panik tanya apakah bisa steril kucingny pyometra segera. Begitu dari lubang vagina keluar cairan putih nanah, kejaran waktu dimulai antara : mendapatkan dokter hewan yang siap untuk tindakan operasi dan DANA. Kl pecah? ya RIP. sederhana. 
Lanjutkan suntik KB nya! lanjutkan sayang. Nangis2nya nanti ke dokter hewan yang suntikin ya. bukan ke saya.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Bulatan putih ini nanah yang kl sampai pecah berbahaya untuk kucingnya. 
Selain karena suntik KB, pyometra bisa terjadi karena beberapa sebab lainnya. #infosteril The main problem among Indonesian cat lovers: they can't afford neuter / spay fee. Even when they ask how much is it cost in Rumah Steril (±US$ 30), they still complaining the price is expensive. 
So what happen next? some vets in Indonesia offer human birth control injection. it is cheap with consequences. Pyometra for example. 
I do not mind. Feel free to keep doing it. not my cats anyway.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Belajar Yuk!
Ovarium yang sehat ada di kiri.
Ovarium yang tengah ada kista (bening jd memang susah keliatan sih).
Ovarium yang kanan penuh nanah. LANJUTKAN SUNTIK KB NYA. lanjutkannn.... #infosteril I don't know about other country, but in Indonesia, it is cheaper to bring your cat in food container like this instead of pet cargo. We call it 'rio basket' because you can find RIO sticker on it.

It can be found in pet shop or grocery store like this :) utk yang baru pakai instagram, begini cara mencari info steril. Masukkan tanda pagar (#) lalu kata kunci 'infosteril' seperti contoh di samping.

Kamu bisa menemukan banyak informasi steril di berbagai kota. Ada yang rutin seperti Steril Yuk di Bekasi, Steril di Jogja, Surabaya dan kami sendiri Rumah Steril di Depok.

Kalau sebuah kota tidak bisa rutin steril, maklumilah. Ingat:
1. dokter hewan tidak sebanyak rumah makan padang di kota kamu

2. tidak semua dokter hewan setuju dengan steril murah.

Kicauan

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

