kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Tetap Tidak Setuju dengan Konsep Kerja Keras

sabtu sore di angke

Beberapa kali saya membaca tulisan orang-orang yang sukses, mereka selalu mencantumkan kunci sukses mereka adalah kerja keras. Saya tidak tertarik untuk mengikuti jejak mereka karena saya telah menemukan formula yang membuat saya puas dengan hidup saya sendiri. Buat saya yang terpenting adalah KERJA CERDAS bukan kerja keras. Dalam bekerja cerdas itu, ada 3 elemen yang selalu saya gunakan dalam menjalani hidup.

  1. Menggunakan Waktu dengan Efektif. Ada 2 benda yang hampir saya selalu bawa sejak saya kelas 3 SD : jam tangan dan agenda. Semua yang harus saya kerjakan pasti akan saya tulis di agenda. Saya mengalokasikan waktu untuk semua aktivitas termasuk waktu santai dan bercengkerama dengan orang-orang terdekat. Di kepala saya seperti sudah ada alarm otomatis yang mengingatkan jika saya berlarut-larut melamun dan tidak melakukan aktivitas yang berarti. Seperti pagi ini, cuaca di Depok mendung dengan sedikit rintik-rintik. Sebenarnya saya berencana untuk menyebarkan brosur sendirian tapi saya pikir itu tidak efektif karena brosur akan basah. Saya lalu teringat untuk memperbaiki motor saya. Jam 6 pagi saya bangun. Memulai hari dengan membaca Alkitab dan menulis blog. Jam 7.30 tepat saya selesai bersantai dan segera membuat kopi, mandi, dan berangkat. Saya memastikan setiap kali keluar kantor saya bisa mengerjakan 2-3 hal sekaligus. Untuk itu saya membawa baju kotor untuk dicuci jadi selesai dari bengkel saya bisa langsung mengantar baju ke cuci kiloan. Saya pulang. Kembali menulis blog dan siap memberikan waktu istirahat kepada diri saya sendiri. Intinya, saya selalu memastikan bahwa saya punya cukup waktu untuk diri saya sendiri sambil tetap menyediakan waktu untuk orang lain.
  2. Disiplin. Hal sepele seperti meletakkan barang pada tempatnya (sehingga tidak perlu repot membuang waktu untuk mencari ketika membutuhkan) dan tidak menunda pekerjaan (seperti mencatat pengeluaran harian) adalah hal yang selalu utamakan. Saya tidak pungkiri bahwa saya sendiri masih perlu belajar dalam hal ini tapi saya menikmati proses belajar ini karena saya tahu yang akan menikmati buah dari kedisiplinan adalah diri saya sendiri
  3. Tidak Diatur Mood. Saya bukan orang yang moody. Selelah apapun saya selalu berusaha menyelesaikan tanggung jawab saya. Memang ada masa dalam hidup ketika saya merasa terpuruk. Menerapkan aturan #1, saya akan membiarkan diri saya larut dalam perasaan saya selama beberapa waktu setelah itu saya akan melanjutkan aktivitas saya. Kesedihan dan kekecewaan bisa datang kapan saja, namun perginya semua tergantung kita sendiri apakah mau berlarut-larut atau menjadi terpacu untuk bangkit.

Dengan modal inilah saya bisa menyelesaikan kuliah 3,5 tahun (dan sempat 2 tahun ikut Senat Mahasiswa) dan sekarang dengan metode yang sama, saya menjalani peran sebagai seorang guru dan wiraswasta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 01/01/2012 by in lesson and tagged , , , , , , , , , .

Ranah Rana

#Repost @lindalbs11 with @repostapp
・・・
Tolong bantu repost dan share ya . Mungkin ada empus2 yg butuh di steril dn ownernya mempunyai dana yg minim bisa bergabung disini. Terimakasih. motorbike taxi to send your cats home :p

I am not feeling well today while at the same time I need to push myself to clean my place & go to work. I am grateful I can easily order motorbike taxi so I still have time to manage stuffs here. it costs ± US$ 2 for each bike. *will collapse in 5..4..3..2..1*

Oh ya, trio Mumu-Mimi-Momo + Iyan saya titipkan ke @pdhribery krn dua alasan. 
1. mimi, mumu, momo masih kecil jd butuh pengawasan full. sewaktu2 mereka sakit, penanganan cepat

2. Iyan baru sembuh dari kencing batu. Masih perlu minum obat selama rawat jalan. Namanya kencing batu bisa sewaktu2 kambuh jd saya titip ke sana supaya kl Iyan ga bs pipis ada yang bantu kuras kantung pipis.

Nah kenapa Sabrina tidak saya titip? Karena sebenarnya Sabrina baru saya ambil beberapa jam sebelum keberangkatan. Jd sudah malam sekali. 
Okeh ceritanya berlanjut nanti. saya hrs kembali bekerja tak jemu2.

#Repost @pdhribery with @repostapp
・・・
Yiiiipiiieee kami naik Ojek Online...😄😄 breakfast time for Sabrina and Harapan. Wet food + warm cat milk. Clean plate in 5 min >.< Depok mendung berpotensi hujan deras. Harapan sudah di kandang ditemani Sabrina. Kucing yang dibuang org di warung. Cerita soal Sabrina nantj ya. mau buru2 cari lampu. Sabrina mau satu kandang sama Harapan udah puji syukur. koq bs Harapan jejeritan ga ngeong2 di tas selama di kereta? antara kebetulan atau dia tahu saya tidak punya uang naik taksi Kota - Depok. hehe Turun dr kapal, meluncur ke Stasiun Kota. Makan di salah satu restoran ayam di situ supaya ayam bisa dikasi ke Harapan. Sekarang perjalanan naik kereta menuju Depok. Untung kucing Harapan cukup kooperatif. Tidak ngeong dan tidak buang air. 
Jangan ditiru ya >.< kl ketahuan sebenarnya saya hrs turun dari kereta

Kicauan

  • nunggu bagasi ky nunggu dikawinin kamu. kburu mati gaya 1 hour ago
  • emang dah. detik2 long wiken k bandara + hujan sore hari bikin wkt abis d jln 1 hour ago
  • bapak sopir hiba cm bs saranin si ibu ini ngojek dr pintu tol tp d luar gerimis 1 hour ago
  • 5 jam. depok cirebon itu mah buat gw. ini cm buat k CGK 1 hour ago
  • makanya kenapa gw males terbang skrg. dr Depok udh hrs pergi 5 jam sblm jam boarding. 3 jam utk perjalanan. 2 jam utk dpt boarding pass 1 hour ago

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

%d bloggers like this: