kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Pertama Kali : Berburu Foto & PhotoVoice

Perjalanan dinas ke luar kota yang saya alami pertama kali selama menjadi guru sungguh memberikan pelajaran banyak buat saya. Saya menikmati perjalanan itu karena sungguh singkat-padat-hangat. Tugas dinas ini sebenarnya untuk mengikuti pelatihan PhotoVoice di Jogjakarta. Acaranya sendiri sebenarnya hari Minggu tanggal 15 Januari 2012 namun saya dan kolega sengaja berangkat lebih awal untuk jalan-jalan. Karena pelatihan mewajibkan bawa kamera, kali ini saya sengaja khusus meminjam kamera milik partner saya. Sejujurnya, saya tidak terlalu menguasai penggunaan kamera ini (Nikon D3100). Pernah memang saya diajari oleh partner cara penggunaan maupun tekniknya namun semua kata-katanya hanya masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Membingungkan.

Jadilah ketika di Stasiun Gambir saya baru berguru kepada kolega saya yang memang sangat menyukai fotografi. Pelajaran saya cuma 3 : Apperture, Speed, dan ISO. Untuk tiga hal itu sudah cukup membuat bingung dan mesti bertanya beberapa kali. Dari puluhan hasil ada beberapa yang saya masukkan dalam album picasa karena buat saya foto-foto tersebut seperti banyak bercerita. Oh ya ngomong-ngomong soal foto yang bercerita, itulah inti dari pelatihan PhotoVoice yang saya ikuti. Bagaimana foto tanpa menggunakan teknik khusus ataupun kamera mahal bisa bicara banyak hal tentang apa yang kita rasakan. Berikut ini saya contohkan beberapa PhotoVoice Project yang saya buat :

  • Ke Kiri / Ke Kanan Aku Pulang

Papan ini hampir selalu ada di setiap stasiun lintas Jawa yang biasa saya lewati. Di papan ini tercantum jarak ke Surabaya (kota ibu saya tinggal..well she actually lives in Kediri 80 km from Surabaya..) dan jarak ke Jakarta (kota saya tinggal). Saya menikmati papan ini karena kemanapun saya memutuskan untuk pergi saya tetaplah pulang.

  • Menyerah

Gapura ini tergeletak begitu saja setelah siklus 100 tahunan pada Gunung Merapi terjadi. Tidak ada lagi yang tersisa dari kampung ini kecuali gapura yang akhirnya menyerah pada kekuatan alam

Ke Kiri / Ke Kanan Aku Pulang

Menyerah

Saya tertantang untuk mengajak anak-anak murid dengan berkebutuhan khusus untuk melakukan hal yang sama : Memfoto apa yang terlihat unik, memberikan judul dan penjelasan tentang foto. Saya yakin pasti ada hal-hal unik yang tergali dari hasil foto yang mereka lakukan.

6 comments on “Pertama Kali : Berburu Foto & PhotoVoice

  1. cipta
    05/09/2012

    apakah anda ada informasi lagi mengenai pelatihan photovoice yg akan dilakukan di daerah jakarta dalam waktu dekat ini? tks

    • vivi
      05/09/2012

      wii saya tidak tahu sama sekali info training photovoice berikutnya, sy sndiri wkt itu d Jogja

      • cipta
        07/09/2013

        oiya, kalau msh ingat saya boleh tahu nama institusi yg memberikan training saat itu, kalau ada CP-nya lebih baik. maaf kalau merepotkan, tks🙂

      • cipta
        07/09/2013

        oiya, kalau msh ingat saya boleh tahu nama institusi yg memberikan training saat itu, kalau ada CP-nya lebih baik. maaf kalau merepotkan, tks:)

      • vivi
        08/09/2013

        Konsultan Psikologi & Pusat Kajian Perilaku Kusumowardhani Cilacap. (CP Dewi 081392165886

  2. Bunda Runni
    15/10/2014

    wah mantap

Leave a Reply

Ranah Rana

#Repost @lindalbs11 with @repostapp
・・・
Tolong bantu repost dan share ya . Mungkin ada empus2 yg butuh di steril dn ownernya mempunyai dana yg minim bisa bergabung disini. Terimakasih. motorbike taxi to send your cats home :p

I am not feeling well today while at the same time I need to push myself to clean my place & go to work. I am grateful I can easily order motorbike taxi so I still have time to manage stuffs here. it costs ± US$ 2 for each bike. *will collapse in 5..4..3..2..1*

Oh ya, trio Mumu-Mimi-Momo + Iyan saya titipkan ke @pdhribery krn dua alasan. 
1. mimi, mumu, momo masih kecil jd butuh pengawasan full. sewaktu2 mereka sakit, penanganan cepat

2. Iyan baru sembuh dari kencing batu. Masih perlu minum obat selama rawat jalan. Namanya kencing batu bisa sewaktu2 kambuh jd saya titip ke sana supaya kl Iyan ga bs pipis ada yang bantu kuras kantung pipis.

Nah kenapa Sabrina tidak saya titip? Karena sebenarnya Sabrina baru saya ambil beberapa jam sebelum keberangkatan. Jd sudah malam sekali. 
Okeh ceritanya berlanjut nanti. saya hrs kembali bekerja tak jemu2.

#Repost @pdhribery with @repostapp
・・・
Yiiiipiiieee kami naik Ojek Online...😄😄 breakfast time for Sabrina and Harapan. Wet food + warm cat milk. Clean plate in 5 min >.< Depok mendung berpotensi hujan deras. Harapan sudah di kandang ditemani Sabrina. Kucing yang dibuang org di warung. Cerita soal Sabrina nantj ya. mau buru2 cari lampu. Sabrina mau satu kandang sama Harapan udah puji syukur. koq bs Harapan jejeritan ga ngeong2 di tas selama di kereta? antara kebetulan atau dia tahu saya tidak punya uang naik taksi Kota - Depok. hehe Turun dr kapal, meluncur ke Stasiun Kota. Makan di salah satu restoran ayam di situ supaya ayam bisa dikasi ke Harapan. Sekarang perjalanan naik kereta menuju Depok. Untung kucing Harapan cukup kooperatif. Tidak ngeong dan tidak buang air. 
Jangan ditiru ya >.< kl ketahuan sebenarnya saya hrs turun dari kereta

Kicauan

  • nunggu bagasi ky nunggu dikawinin kamu. kburu mati gaya 1 hour ago
  • emang dah. detik2 long wiken k bandara + hujan sore hari bikin wkt abis d jln 1 hour ago
  • bapak sopir hiba cm bs saranin si ibu ini ngojek dr pintu tol tp d luar gerimis 1 hour ago
  • 5 jam. depok cirebon itu mah buat gw. ini cm buat k CGK 1 hour ago
  • makanya kenapa gw males terbang skrg. dr Depok udh hrs pergi 5 jam sblm jam boarding. 3 jam utk perjalanan. 2 jam utk dpt boarding pass 1 hour ago

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

