kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

cita-cita steril 1000 kucing liar di Jakarta dan Depok

Image

Buyung ketika diambil dari parkiran ITC Depok Desember 2012

Buyung Maret 2013

Buyung Maret 2013

Tulisan dibawah ini adalah tulisan yang saya buat di Hari Kartini 2013 tentang tekad saya untuk mensteril kucing liar di Jakarta dan Depok. Setahun kemudian Tuhan menjawab saya, steril pertama diadakan di kios yang saya sewa. Pemikiran saya yang saat itu cuma sederhana : mengandalkan 1 keranjang lalu setiap akhir pekan ke Bakti Sosial dijawab Tuhan dengan lebih indah lagi : saya saat ini memiliki 6 kandang untuk kucing yang akan disteril, sudah ada http://www.sewapickup.com yang membantu antar jemput kucing dan setiap bulannya rata-rata ada 10 kucing betina yang disteril. Saya memang kehilangan Ucrit dan Buyung tahun ini, tapi di tahun ini juga Tuhan seperti memberikan kesempatan kedua dengan kehadiran Monday (ditemukan 25 Agustus 2014) yang dalam usia semingguan sudah saya urus. Bukan cuma itu saja, Tuhan mengirimkan orang-orang yang mendukung saya (salah satunya ya yang komentar di tulisan ini),  kami bertujuh menguatkan satu sama lain ketika ada wabah virus ataupun harus menolong anjing jalanan.

.=.=.=.=.

Mengapa saya punya cita-cita untuk steril kucing jalanan ? Saya dulunya pembenci kucing. Saya selalu membuang kembali kucing yang dibuang di depan rumah saya. Saya menyiram kucing setiap kali ada yang birahi di kebun belakang rumah. Sampai satu ketika di tahun 2004 ada anak kost di rumah saya yang membawa kucing jalanan dan merawatnya. Namanya Suzie. Anak kost tersebut, Glenda, akhirnya kembali ke negaranya di Australia dan Suzie bersama kami. Saya mulai belajar mengasihi kucing. Mencari tahu soal bagaimana supaya kucing tidak hamil sampai memandikan kucing (Siapa bilang kucing takut air ? MeiMei adalah kucing saya yang senang mandi dengan air hangat dan main-main dengan keran).

Saat itu karena saya dan ibu masih pemula dalam hal mengurus kucing, maka Suzie sempat hamil sebelum disteril. Akhirnya semua bisa disteril dengan biaya murah (Rp.150.000 ketika itu) melalui informasi yang saya temukan di internet. Saya berjuang membawa kucing sampiai ke Kelapa Gading karena bakti sosial diadakan di sana. Jatuh pada hari Minggu pula sehingga saya menaruh kucing, mampir ke gereja, lalu kembali mengambil kucing.

Tahun berlalu, sampai tahun 2012 saya bertemu Upik1 di Fasilkom UI. Upik dibuang dalam usia yang masih kecil sekali (3 minggu). Karena saya dan partner saat itu belum paham penanganan bayi kucing, Upik mati. Kami tentu saja sangat sedih sekali karena kami berusaha semaksimal mungkin. Selanjutnya kami bertemu Upik2 dan Ucrit di Pasar Jatinegara. Ucrit dengan 1 mata rusak dan Upik yang tampak lemas, saya bawa dengan kantung kain pemberian pedagang kardus. Mereka cacingan, kutuan, dan kelaparan. Butuh waktu untuk bulu Upik tumbuh tebal karena akibat kurang gizi banyak sekali bulunya yang rontok. Selepas U2, saya menemukan Buyung di parkiran ITC Depok. Dia hanya terduduk dan tidak tertarik dengan makanan yang saya kasih. Saya punya dorongan kuat untuk membawa dia pulang. Sangat aneh ketika saya letakkan di dalam tas (lihat foto) dia tidak memberontak sama sekali. 1 hari setelah saya ambil kondisi Buyung berubah sangat memburuk. Ternyata dia terkena Feline Panleukonimia. Penyakit yang sangat mematikan untuk kucing dan menular untuk kucing lainnya. Di saat yang sama Buyung kutuan, cacingan dan kurang gizi.

Saya sudah lemas dan menyerah saat itu. Saya hanya bisa menangis tapi tidak partner saya. Dia terus mengimani Buyung harus sembuh. Buyung terima tubuh Yesus dan darah Yesus. Memang mungkin buat orang, koq perjamuan untuk binatang ? Tapi itu iman partner saya bahwa kalau manusia sembuh, pun juga Buyung. Buyung kami letakkan di ‘ruang isolasi’ yang mana adalah sebuah kamar dengan sinar matahari langsung yang ada di ruko kami. Panas memang, tapi logika sederhana kami, dengan sinar matahari pagi minimal Buyung hangat. Setiap 3 jam sekali Buyung disendoki minyak zaitun + kuning telur + madu. Luar biasa Buyung hidup. Yang membuat haru, dibalik pintu ada Ucrit yang selalu mengintip dan mencoba menjulurkan tangan. 5 hari berlalu, Buyung sudah semangat sekali ingin bermain dengan Ucrit. Buyung dengan eksekusi akan mati dalam waktu 24 jam, akhirnya melalui masa kritis dan sembuh total tanpa harus diisolasi selama 7 hari (kalau di klinik hewan harus 7 hr). Setelah Buyung, sempat ada Linus yang sekali lagi mati karena salah penanganan tepat di hari ulang tahun saya yang k-29 dan akhirnya kami mengadopsi MeiMei di hari yang sama.

4 kucing dari 3 lokasi yang berbeda. Saya sudah cukup sibuk mengurus mereka. Ucrit pernah jatuh dari atap ruko dengan ketinggian hampir 10 meter ke parit dan baru kami temukan 4 hari kemudian dalam keadaan kaki terkilir. MeiMei pernah BAB berdarah. Namun saya masih sangat sedih melihat kucing liar yang kurus dan luka-luka akibat bertengkar memperebutkan kucing betina. Belum lagi manusia-manusia yang ketakutan melihat kucing-kucing tersebut. Itu sebabnya sterilisasi sangat penting. Saya berdoa untuk kucing-kucing itu tapi saya merasa perlu juga melakukan sebuah tindakan nyata. Saya melihat apa yang saya miliki :

  1. kandang
  2. motor
  3. tali rafia

Saya pun berniat mengambil kucing-kucing jalanan tersebut, membawanya ke klinik dokter hewan, disteril, lalu mengembalikan mereka ke tempat semula. Saya lega sekali bertemu tim Jakarta Animal Aid Network yang hanya mengenakan retribusi Rp.50.000 untuk tiap kucing liar (tidak berpemilik). Sungguh saya semangat sekali. Kalau 50 ribu bisa lah saya sisihkan. Apalagi saya cukup datang ke Kemang. Masih cukup dekat dari Depok. Jadilah cita-cita saya yang sederhana bisa terlaksana. Saya membayangkan setiap Sabtu pagi saya mengantar kucing liar & menjemput kembali dengan motor. Target saya kucing liar jantan karena proses pemulihan sejak operasi hanya 24 jam dengan jahitan luar. Proses dikebiri sendiri hanya butuh waktu 30 menit. Memang akan lebih enak jika saya punya pick-up dan menyetir pick-up tersebut tiap Sabtu pagi. Jelas akan lebih banyak kucing yang saya bisa bawa. Namun saya tidak mau menyerah dengan kondisi yang ada. Saat ini saya sudah memiliki antrian yang cukup ramai. Minggu ini ada Buyung dan 1 kucing liar di Fasilkom. Minggu berikutnya ada kucing liar dari Taman Anyelir Depok (titipan teman saya), 2 minggu berikutnya ada kucing liar di warteg langganan saya. Yang menggembirakan adalah teman SD saya bersedia mengadopsi anak kucing jalanan dan mensterilnya.

Bagi yang membaca, bersediakah anda berdoa untuk saya agar target 1000 kucing itu tercapai ? saya tidak tahu kapan angka itu akan bisa saya tembus. Yang saya tahu, semua itu terjadi ketika saya mulai melangkah🙂

41 comments on “cita-cita steril 1000 kucing liar di Jakarta dan Depok

  1. Pingback: Mengapa Kucing Jantan Perlu Disteril ? | kisah guru

  2. son2
    30/05/2013

    Salam sis,
    Salut sekali dengan usaha sis mengurus bayi2 kucing jalanan dan usaha sterilisasi kucing2 jantan. Saya juga tinggal di depok, di gang saya sendiri ada sekitar 3 kucing garong liar yang berkeliaran mencari betina, terutama bila musim kawin. Bila sis tak keberatan membagi informasi prosedur untuk steril 50rb untuk kucing jantan liar akan sangat membantu sekali. Atau kalau sis perlu asisten untuk menangkap kucing liar yang mau disteril, bisa hubungi saya. Sampai tgl 7 juni saya free🙂
    0812 sembilan lima satu tujuh enam empat sembilan sembilan

  3. annasyafitri
    13/06/2013

    hallo sis..salam kenal..aku juga dirumah ada 10 an kucing yg aku ambil dari jalan,kantor,tempat sampah…awalnya aku hanya ambil yang jantan saja dan gag mau yg betina karena lasan klo jantan tidak akan menambah anak2 kucing baru..tapi minggu lalu aku menmukan 2 kucing betina dikantor…awalnya si gag kepingin ambil tapi lama2 kasihan juga lihat mereka terlantar, dan tidak ada yg kasih mereka makan..akhirnya aku bawa pulang mereka berdua, nah yang jadi masalah saat ini aku lg was2 takut mereka berpacak dengan si jantan dirumah..aku pingin buru2 juga steril pupus2 betinanya…aku mau sterilkan mereka tapi aku gag tau tempat dan tidak ada teman untuk berangkat bersama sterilkan mereka…kalau sis ada mau sterilkan kucing bisa infokan ke aku yaa..biar kita bisa bareng,,dan jangan sungkan2 untuk minta banuan aku klo mau menangakap mereka dijalan..aku selalu siap dihari sabtu dan minggu..terima kasih dan salam kenal sis..
    anna
    0857-82702872

    • vivi
      13/06/2013

      helo helo. hayuh! sabtu jg kosong. nanti kita bareng2 ya steril kucing😀

      • annasyafitri
        13/06/2013

        semoga kita berhasil,,,semangat mba..hihihi

      • vivi
        24/07/2013

        Berhasil2 berhasil

  4. fury
    24/07/2013

    hai fury pertolongannya ini mau dalam bentuk apa ?

  5. Fika Unique
    03/09/2013

    Bravo!! aku doain tercapai untuk 100 kucingnya—aku share di fb aku yang notabene punya banyak temen pencinta kucing… so at least mereka bisa bantu doa kamu tercapai target 1000 and maybe even more!

    • vivi
      03/09/2013

      terima kasih untuk berbagi di social medianya. iya ini ada yg mau buat bakti sosial steril kucing di ui depok. semoga lancar jadi bisa mboyong kucing jalanan lebih cepat

  6. fena sara
    24/10/2013

    sis saya punya 10 kucing dan saya sangat kewalahan..bersediakah anda untuk mensteril 2 lucing betina saya ? tolong hub saya di 08569045415..terima kasih

    • vivi
      26/10/2013

      sudah saya balas lewat sms ya. sejujurnya saya tidak sanggup utk bantu biaya saat ini. jadi kepada mbak fena saya sudah beri no hape mbak wid dari steril yuk ya.

  7. pandu
    13/11/2013

    mohon info steril kucing betina dong . ada yang nomor yg bs di tuju?

    • vivi
      13/11/2013

      Tina Krishandy 081.2821. 977.47. Utk steril yuk ada di facebook

  8. ink
    16/11/2013

    Sis mau tanya dong, apakah JAAN masih melakukan low cost spay and neuter 50 ribu utk kucing tanpa pemilik di kemang? Saya rencana mau mensteril kucing2 jalanan dekat rumah saya kalo harga sterilnya terjangkau. Terima kasih untuk info nya🙂

  9. nengsyera
    26/11/2013

    kak, saya punya beberapa kucing kampung di rumah dan berniat mensterilnya
    lokasi rmh saya di bekasi, nanti klo ada info steril murah dan di hari weekend mohon hubungi saya
    syera : 081243322996/085656012554

  10. Pingback: Catatan #PinggirPasar : Turun Tangan untuk Kucing Jalanan | kisah guru

  11. Putri
    16/06/2014

    Sis mau tanya dong, moga2 aja sekalian bisa🙂

    Saya punya 24 ekor kucing kampung yang saya pelihara & semua hasil rescue.
    Saat ini saya sedang kesulitan mencari kost yang boleh menerima kehadiran mereka,

    Saya Harap sis bisa Bantu saya

    Thanks

    • vivi
      17/06/2014

      Hai Putri. Butuh bantuannya apa ya ?
      1. kalau soal cari kost yg terima 24 kucing jelas ga ada.
      2. Alternatifnya adalah : membebaskan mereka dengan kondisi minimal sudah disteril. Maksudnya membebaskan adalah : disteril kemudian dilepas di pasar

  12. jefry
    03/08/2014

    di rumah saya ada 3 kucing kampung yg saya kasih makan tiap pagi, 2 betina(1 msh 6 bulanan), 1 jantan, lokasi saya di cakung jakarta timur, apakah sist bisa bantu sterilin kucing tsb? segala biaya transport dan steril akan saya tanggung. cp: 0881 1327958(sms yah sist) thx

    • vivi
      05/08/2014

      sudah saya sms langsung ya

  13. jefry
    05/08/2014

    Pagi, apakah di steril yuk di pdk gede bisa anter jemput? soalnya saya gk ada waktu utk anterin kucing itu kesana😦

    • vivi
      05/08/2014

      Steril Yuk Pondok Gede ga ada antar jemput. yg ada cm rumah steril Depok🙂

      • jefry
        06/08/2014

        kalo gitu yg dr depok aja gpp, nanti transport ke sini saya yg tanggung. thx

      • vivi
        09/08/2014

        boleh. japri aja via wa ke 08129295534 ya

  14. Ani
    11/09/2014

    Puji Tuhan……. :’) bahagia sekali mengetahui anda begitu peduli dgn kucing2 itu…
    di mna banyak orang yg membenci dan menelantarkn mereka, tpi anda malah memberi kasih syg dan solusi untuk menekan jumlah kucing2 liar trsebut…..
    Ibu sya di Batam pun selalu menampung kucing2 yg di buang orang2 yg tak brtanggung jawab… beliau senang sekali menghabiskn wktu.a untuk mengurusi kucing2.a yg brjumlah kurang lebih 20 ekor…… sudah seperti anak2.a sendiri malah😀
    semoga makin banyak org yg trketuk pintu hati.a untuk saling menjaga dan mengasihi ciptaan Tuhan apa pun itu..
    Amin……. GBU

    • vivi
      11/09/2014

      Hehe terima kasih. Semua karena Yesus koq. Kalau Yesus tidak yg lebih dulu mengasihi saya berlimpah, saya jg cuma setengah2 ke binatang *sambil ngetik sambil mangku bayi kucing nih*

  15. Fitri
    13/09/2014

    Hai..sis salut baca blog ini.Dan usaha anda untuk menolong kucing2.Saya dan keluarga pecinta kucing,saat ini kami ada dua kucing di rumah.Kemarin saya baru saja mensterilkan kucing jantan kami.Tinggal kucing betina kami yg blm di steril,karena biaya steril betina lbh mahal dari jantan.After baca blog ini seperti pencerahan buat saya bisa mensterilkan si betina.Thx sis untuk infonya.Saya Doa kan semoga cita2 mulia anda tercapai untuk mensterilkan 1000 kucing.Aminn…Semangat sis! 😊

    • vivi
      13/09/2014

      Hai Fitri,

      Yang ikutan steril ada mahasiswa, ada kuli bangunan, anak tukang pijat. Ada loh yg bayarnya dicicil krn mereka memang menabung supaya bs steril kucing

  16. Fitri
    14/09/2014

    Hai…Vivi
    Wah…baiklah saya mulai menabung untuk si betina demi kesehatan dia juga.Btw vivi,program ini khusus kucing lokal atau campuran bisa juga?Kebetulan betina yg di rumah campuran lokal sm ras.Thx Vivi untuk selalu bisa sharing,GBU 😊

    • vivi
      15/09/2014

      bisa dua duanya. yg lokal 200 yg ras 275 rb

  17. Devina
    19/10/2014

    Saya mau steril kucing betina liar yang suka saya kasih makan, tapi tidak bisa antar kucing nya ke sana berhubung ketidaksediaan kendaraan. Saat ini kucing nya masih menyusui dan terlanjur hamil lagi. Minggu depan baru mau dibawa ke vet untuk cek kesehatan (dia terlalu kurus dan susah gemuk). Saya mau tanya, 1. Apa saja persyaratan untuk dia supaya bisa di spay? 2. Berapa biaya spay dan transportasi antar/jemput ke sana (jika ada)? 3. Apa saja yang harus saya siapkan untuk merawat dia pasca operasi? Apakah dia harus dikandang? Kalau bisa, saya juga mau sekalian neuter dua kitten jantan usia +5 bulan yang suka makan di rumah saya tapi bertahap. Maaf kalau banyak tanya. Terima kasih.

  18. Fitri
    25/10/2014

    Hai Vivi…
    Aku boleh minta info untuk steril wilayah Tomang Jakarta barat kira2 ada tidak?Apa harus ke Depok juga.Klo ada minta cp nya ya vivi.Saya mau steril kucing betina saya. Thx vivi 😊

  19. indah sri
    05/06/2015

    hai sis..sy indah di depok..mohon infrmasi depoknya di mana tepatny?krn kucing sy sdh terllu bnyk no hp sy 081399292289 thanks sist..

    • vivi
      05/06/2015

      sudah saya wa lansung ya mbak indah sri

  20. Pingback: Mimpi Soal Papan Surya | kisah pekerja lepas

  21. Song Hyerim
    11/09/2015

    kakak bener2 orang baik dan hebat, sementara orang lain menutup mata dari hal yang menurut mereka sepele dibanding urusan pribadi mereka, kakak justru mengambika tndkn sndri tanpa pikir panjang. aku pecinta hewan dan aku juga menampung sktr 11 kcng di rumahku skrng, beberapa msh kcl dan yg lainnya dalam rencana aku sterilkan. kak, aku juga pengen bikin program kaya kakak. minimal buat lingkungan daerahku dulu. tp aku gak tau mulainya gmn? mohon penjelasan dan saran ya kak. aku prihatin tiap lihat kucing liar betina yang lagi hamil. aku gak tega sama nasib anak2nya nanti. aku pengen bantu dikit, dan program kakak jadi inspirasi aku. mohon bantuannya yg kak. CP LINE : aulyadella
    terima kasih

  22. Pingback: Steril Kucing and Gemma: Ketika Mimpi itu Mulai Terkoneksi Satu Sama Lain | kisah pekerja lepas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 21/04/2013 by in anjingkucing and tagged , .

Ranah Rana

#Repost @lindalbs11 with @repostapp
・・・
Tolong bantu repost dan share ya . Mungkin ada empus2 yg butuh di steril dn ownernya mempunyai dana yg minim bisa bergabung disini. Terimakasih. motorbike taxi to send your cats home :p

I am not feeling well today while at the same time I need to push myself to clean my place & go to work. I am grateful I can easily order motorbike taxi so I still have time to manage stuffs here. it costs ± US$ 2 for each bike. *will collapse in 5..4..3..2..1*

Oh ya, trio Mumu-Mimi-Momo + Iyan saya titipkan ke @pdhribery krn dua alasan. 
1. mimi, mumu, momo masih kecil jd butuh pengawasan full. sewaktu2 mereka sakit, penanganan cepat

2. Iyan baru sembuh dari kencing batu. Masih perlu minum obat selama rawat jalan. Namanya kencing batu bisa sewaktu2 kambuh jd saya titip ke sana supaya kl Iyan ga bs pipis ada yang bantu kuras kantung pipis.

Nah kenapa Sabrina tidak saya titip? Karena sebenarnya Sabrina baru saya ambil beberapa jam sebelum keberangkatan. Jd sudah malam sekali. 
Okeh ceritanya berlanjut nanti. saya hrs kembali bekerja tak jemu2.

#Repost @pdhribery with @repostapp
・・・
Yiiiipiiieee kami naik Ojek Online...😄😄 breakfast time for Sabrina and Harapan. Wet food + warm cat milk. Clean plate in 5 min >.< Depok mendung berpotensi hujan deras. Harapan sudah di kandang ditemani Sabrina. Kucing yang dibuang org di warung. Cerita soal Sabrina nantj ya. mau buru2 cari lampu. Sabrina mau satu kandang sama Harapan udah puji syukur. koq bs Harapan jejeritan ga ngeong2 di tas selama di kereta? antara kebetulan atau dia tahu saya tidak punya uang naik taksi Kota - Depok. hehe Turun dr kapal, meluncur ke Stasiun Kota. Makan di salah satu restoran ayam di situ supaya ayam bisa dikasi ke Harapan. Sekarang perjalanan naik kereta menuju Depok. Untung kucing Harapan cukup kooperatif. Tidak ngeong dan tidak buang air. 
Jangan ditiru ya >.< kl ketahuan sebenarnya saya hrs turun dari kereta

Kicauan

  • nunggu bagasi ky nunggu dikawinin kamu. kburu mati gaya 1 hour ago
  • emang dah. detik2 long wiken k bandara + hujan sore hari bikin wkt abis d jln 1 hour ago
  • bapak sopir hiba cm bs saranin si ibu ini ngojek dr pintu tol tp d luar gerimis 1 hour ago
  • 5 jam. depok cirebon itu mah buat gw. ini cm buat k CGK 1 hour ago
  • makanya kenapa gw males terbang skrg. dr Depok udh hrs pergi 5 jam sblm jam boarding. 3 jam utk perjalanan. 2 jam utk dpt boarding pass 1 hour ago

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

%d bloggers like this: