kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Mengapa Kucing Jantan Perlu Disteril ?

Pertanyaan di atas sudah menjadi pertanyaan yang paling sering diajukan ketika orang mengetahui bahwa saya memiliki target untuk juga mensteril kucing jantan. Orang seringkali menggunakan pola pikir manusia untuk binatang. Orang enggan mensteril kucing jantan dengan alasan klise yang sebenarnya justru merugikan binatang tersebut. Alasan utama orang tidak mensteril kucing jantan karena kasihan kucing tersebut kehilangan kejantanan dan tidak bisa menyalurkan kebutuhan biologisnya.

Orang sering lupa ada konsekuensi dari itu semua. Kucing jantan, apalagi yang hidup di jalanan, di masa birahinya akan berusaha menguasai teritori atas nama dia seluas-luasnya dengan segala resiko. Dalam proses itu, pasti harus adu otot dengan kucing lain dan pertengkaran kucing bukan seperti 2 pria memperebutkan 1 wanita di template sinetron Korea. Kucing-kucing liar tersebut berakhir luka-luka parah, terkena penyakit lawan seperti kutuan dan penyakit lain. Belum lagi kekurangan gizi akibat makan sembarangan.

Tarulah sebagai pemilik protektif kita berusaha supaya kucing jantan tidak mencari betina keluar dari rumah (yang mana itu sulit), kucing yang tidak disteril (biasanya ini terjadi di kucing ras) menjadi rentan penyakit. Dengan disteril, kucing pun menjadi nyaman menjalani hidup. Dia merasa sehat, tidak grudak gruduk mencari betina dan nafsu makan terjaga.

Satu hal yang perlu diingat steril kucing jantan jauh lebih cepat daripada kucing betina. Hanya dengan waktu operasi 30 menit dan pemulihan 1 hari, kucing jantan sudah bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Dengan mensteril kucing jantan maka otomatis juga sekaligus menekan angka kelahiran. Jangan mentang-mentang anda pemilik kucing jantan lalu anda merasa tenang karena kucing anda tidak akan beranak lalu anda membiarkan kucing anda menghamili kucing liar. Sudah cukup banyak anak kucing yang tidak diinginkan. Mengalokasikan waktu 1 hari saja untuk mensteril kucing jantan berdampak bagi lingkungan sekitar🙂

Tulisan saya yang lain perihal steril binatang

4 comments on “Mengapa Kucing Jantan Perlu Disteril ?

  1. mawi wijna
    04/04/2016

    Kucingku jantan hidup di wilayah terisolasi (nggak bisa keluar ke mana-mana) apa ya tetap harus disteril? Paling jadi ngeang-ngeong klo di atap pas lewat kucing betina.

    • vivi
      04/04/2016

      kalau pas lepas dan menghamili betina liar kasian aja sih betina liar ini yg harus menanggung beban hidup di jalan dan urus anak2 kucing.

      • mawi wijna
        04/04/2016

        Jadi, seandainya nggak lepas kan ya nggak masalah toh?😀
        Trims buwat penjelasannya

  2. Pingback: Soal Steril Lagi | kisah pekerja lepas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 14/05/2013 by in anjingkucing and tagged , , .

Ranah Rana

Kashmere & Goofy. I used to have ball for Goofy to play with but I lost it couple months ago. They seem happy to play with newspaper.. Ini kertas koran digelar supaya mereka bisa pipis dan pup waktu malam. Biasanya sih kl dibawa jalan, ga ada acara pipis malam. Cuma hari ini di Depok dingin jd gelar koran aja. Can I just write it : no caption needed just like selebgram? 
Kalau diperhatikan saya sekarang ga pernah cantumin tanggal apalagi harga karena saya tahu ada follower yang sekedar jadi mata2 dan ngomongin di belakang ;) Nah semua yang pernah wa ke saya jg nyadar saya akan selalu tanya nama dulu baru jelasin bla bla bla. 1. itu soal etiket ya dek. 2. saya selalu simpan semua data org2 yang tanya2. Beberapa bulan kemudian org tersebut cuma nanya sepele atau akhirnya daftar pasti saya jawab. Kadang aja suka kelewat :) Body Talk workshop. Further info please contact @drhrani :* So why some vets offer HUMAN birth control injection to cats? well many reasons I can't mention in social media of course. duuuhhh.

Is it safe? apakah aman? seminggu sekali saya selalu terima whatsapp org yang panik tanya apakah bisa steril kucingny pyometra segera. Begitu dari lubang vagina keluar cairan putih nanah, kejaran waktu dimulai antara : mendapatkan dokter hewan yang siap untuk tindakan operasi dan DANA. Kl pecah? ya RIP. sederhana. 
Lanjutkan suntik KB nya! lanjutkan sayang. Nangis2nya nanti ke dokter hewan yang suntikin ya. bukan ke saya.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Bulatan putih ini nanah yang kl sampai pecah berbahaya untuk kucingnya. 
Selain karena suntik KB, pyometra bisa terjadi karena beberapa sebab lainnya. #infosteril The main problem among Indonesian cat lovers: they can't afford neuter / spay fee. Even when they ask how much is it cost in Rumah Steril (±US$ 30), they still complaining the price is expensive. 
So what happen next? some vets in Indonesia offer human birth control injection. it is cheap with consequences. Pyometra for example. 
I do not mind. Feel free to keep doing it. not my cats anyway.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Belajar Yuk!
Ovarium yang sehat ada di kiri.
Ovarium yang tengah ada kista (bening jd memang susah keliatan sih).
Ovarium yang kanan penuh nanah. LANJUTKAN SUNTIK KB NYA. lanjutkannn.... #infosteril

Kicauan

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

%d bloggers like this: