kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Belajarlah karena Kamu Jatuh Cinta dengan Topik itu, bukan Karena Ujian

Terima kasih kepada kicauan @kreshna & @wisnuism yang membuat saya bergelora untuk menulis soal belajar. Mas Kreshna yang mengutip perkataan Jusuf Kalla, sedangkan Wishnu dari kacamata seorang pebisnis sushi sama-sama menulis soal BELAJAR tapi dengan sudut pandang yang berbeda. Yang satu menenangkan, yang satu menakut-nakuti.

Belajar itu bukan monopoli kelompok usia tertentu, belajar seharusnya bukan sesuatu yang dipaksakan, belajar harusnya diisi dengan semangat karena ingin tahu lebih. Itu sebabnya saya tidak bisa menaruh hormat kepada manusia yang bilang ‘wah gw ga tahu politik’, ‘wah gw ga tau gadget’, ‘wah gw ga tau keuangan’. Well if you don’t know about that, then spend your time to learn. To be honest, to learn all of those things, you can’t only staring at your facebook home page.

Itu yang terjadi kepada saya pribadi. Menjalani sebuah usaha membuat saya harus belajar soal keuangan, belajar berkomunikasi secara asertif (saya orangnya tipe ga enakan), dan yang terpenting belajar untuk terus tersenyum walaupun kesibukan datang silih berganti. Pemahaman saya tentang keuangan tetap pas-pasan tapi saya tekun untuk terus mencatat semua arus uang masuk uang keluar. Ya memang cuma itu saja yang saya sanggup. Saya masih belum paham debit kredit tapi terus bukan berarti saya berhenti belajar.

Saya memulai menyimak politik. Suatu topik yang saya selalu hindari. Saya saat ini memang tidak terlalu membaca secara mendalam tapi setidaknya saya terus memantau sambil sesekali kena kicauan barisan digital kader (u-know-who). Kekerasan pada beberapa kelompok Muslim Minoritas, bahkan sampai korban yang tertimbun di lahan Freeport.

Ternyata hal yang saya lakukan juga dialami oleh Wisnu. Karena membuat sebuah bisnis ya jadi belajar. Capek pasti ada, tapi ada banyak pelajaran yang didapat melebihi dari bangku sekolah yang cuma berorientasi kepada memperoleh nilai ujian tinggi dengan kemampuan menghapal luar biasa.

Image

Say Amien to all his tweets!

Mengapa menghapal luar biasa ? Ujian di negara ini pada umumnya masih berkutat seputar menguji kemampuan kognitif anak pada level yang rendah yaitu hapalan. Bahkan matematika pun semua dihapalkan. Sifat-sifat bangun lah, rumus ini lah rumus itu lah. Siswa terkungkung dalam sebuah hapalan tanpa pernah jatuh cinta dengan topik yang disajikan. Siswa hanya disuruh mencatat, mendengarkan, dan mengulang-ulang.

Yang lebih ironis adalah pemahaman orang bahwa untuk belajar hal-hal yang sifatnya cuma hapalan tanpa ada pengujian analisa dan pemecahan masalah PERLU ADA UJIAN. Dari fokus pengajarannya saja sudah salah, ditambah lagi ujian yang salah kaprah. Anak yang mendapat prestasi tinggi dibanggakan. Padahal orangtua, sekolah, dan guru LUPA bahwa prestasi tinggi yang sedang mereka banggakan itu cuma lapis ter-cetek dari sebuah pemahaman terhadap materi.

Anak hanya dibebani dan ditakut-takuti. UJIAN dijadikan senjata pembuktian apakah anak-anak bibit unggul atau bukan. Orang sering lupa, anak lahir ke bumi dengan bakat dan minatnya sendiri. Orang dewasa tidak memukul, tidak merusak, tapi jika menakut-nakuti dengan UJIAN, pasti ada yang salah dengan pemahaman anda mengenai belajar.

Image

JK!

One comment on “Belajarlah karena Kamu Jatuh Cinta dengan Topik itu, bukan Karena Ujian

  1. Pingback: Menyusun Impian : Sekolah Komunitas Indonesia | kisah guru

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 20/05/2013 by in lesson and tagged , .

Ranah Rana

Body Talk workshop. Further info please contact @drhrani :* So why some vets offer HUMAN birth control injection to cats? well many reasons I can't mention in social media of course. duuuhhh.

Is it safe? apakah aman? seminggu sekali saya selalu terima whatsapp org yang panik tanya apakah bisa steril kucingny pyometra segera. Begitu dari lubang vagina keluar cairan putih nanah, kejaran waktu dimulai antara : mendapatkan dokter hewan yang siap untuk tindakan operasi dan DANA. Kl pecah? ya RIP. sederhana. 
Lanjutkan suntik KB nya! lanjutkan sayang. Nangis2nya nanti ke dokter hewan yang suntikin ya. bukan ke saya.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Bulatan putih ini nanah yang kl sampai pecah berbahaya untuk kucingnya. 
Selain karena suntik KB, pyometra bisa terjadi karena beberapa sebab lainnya. #infosteril The main problem among Indonesian cat lovers: they can't afford neuter / spay fee. Even when they ask how much is it cost in Rumah Steril (±US$ 30), they still complaining the price is expensive. 
So what happen next? some vets in Indonesia offer human birth control injection. it is cheap with consequences. Pyometra for example. 
I do not mind. Feel free to keep doing it. not my cats anyway.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Belajar Yuk!
Ovarium yang sehat ada di kiri.
Ovarium yang tengah ada kista (bening jd memang susah keliatan sih).
Ovarium yang kanan penuh nanah. LANJUTKAN SUNTIK KB NYA. lanjutkannn.... #infosteril I don't know about other country, but in Indonesia, it is cheaper to bring your cat in food container like this instead of pet cargo. We call it 'rio basket' because you can find RIO sticker on it.

It can be found in pet shop or grocery store like this :) utk yang baru pakai instagram, begini cara mencari info steril. Masukkan tanda pagar (#) lalu kata kunci 'infosteril' seperti contoh di samping.

Kamu bisa menemukan banyak informasi steril di berbagai kota. Ada yang rutin seperti Steril Yuk di Bekasi, Steril di Jogja, Surabaya dan kami sendiri Rumah Steril di Depok.

Kalau sebuah kota tidak bisa rutin steril, maklumilah. Ingat:
1. dokter hewan tidak sebanyak rumah makan padang di kota kamu

2. tidak semua dokter hewan setuju dengan steril murah.

Kicauan

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

