kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Kota Tua Depok

Depok sebenarnya memiliki potensi wisata menarik asal digarap dengan apik. Depok memiliki wilayah kota tua yang sayang jika rumah di situ dijual satu per satu ke tangan pengembang hanya karena walikota Depok tidak terlalu minat terhadap pelestarian sejarah. Di Depok juga masih bisa kita temui perkebunan belimbing yang berbuah rutin dan bisa kita beli langsung dari pemilik di sepanjang jalan RTM Kelapa Dua Depok. Lebaran 2012 saya menghabiskan waktu berjalan-jalan di perkebunan Belimbing di bantaran sungai Ciliwung – Margonda. Bahkan menu Gabus Pucung yang menggugah selera juga ada di Depok. Sayang sekali walikota Depok saat ini lebih sibuk mengurusi citra kota Depok yang religius dan menutup mata tata kota yang carut marut akibat ambisi tiap pengembang membangun apartemen

Depok Lama memiliki banyak rumah tua peninggalan Belanda. Pernah satu kali saya menemukan rumah ini ketika saya sendirian menyusuri gang per gang. Saya memberanikan diri mendekati dan memotretnya. Saya suka sekali dengan desain rumah ini yang meletakkan piring-piring sebagai dekorasi pilar. Rumah ini tampak dihuni hanya tidak mendapat perawatan optimal.

ingin kembali menemukan rumah ini

ingin kembali menemukan rumah ini

iseng cek lokasi dari beri hitam

iseng cek lokasi dari beri hitam dua tahun kemudian setelah foto diambil. Sepertinya koordinat BBM salah

Ini sebagai bagian usaha saya mencintai Depok dan melihat sisi lain Depok.. Tidak seperti daerah Menteng ataupun Kota Tua Jakarta, pemukiman rumah tua ini dikepung oleh bangunan baru. Yang menarik adalah puluhan gereja yang berdiri di pemukiman ini. Rata-rata rumah mereka memiliki pekarangan yang luas dengan ukuran rumah yang bersahaja. Tentu bukan gambaran hunian di Depok saat ini. Menyenangkan sekali bisa menemukan oase di tengah kota yang membangun tanpa tata kota.

Rumah-rumah tua ini tentunya dirawat oleh ahli waris masing-masing pemilik. Ada 12 kepala keluarga yang dulunya budak dan mendapatkan nama keluarga oleh seorang tuan tanah Belanda. Mereka datang dari berbagai sudut Indonesia itu dan kemudian sepertinya mendapat pengajaran Kristen sehingga banyak gereja di daerah ini. Saya tidak tahu apakah pemerintah Depok terpikir untuk mengolah wilayah ini sebagai daya tarik wisata sejarah mengingat sang walikota adalah orang yang sama sibuk berkampanye makan dengan tangan kanan dan satu hari tanpa nasi.

Oh iya untuk yang terpikir ke daerah ini, saya menyarankan untuk menggunakan sepeda / motor karena lebih leluasa bermanuver putar balik. Bagi warga Jakarta yang ingin ke daerah ini, lokasi sebenarnya ada di pertigaan Margonda – Kartini – Tole Iskandar. Permasalahannya cuma 1 : macet. Kemacetan tentu saja bisa dihindari asalkan ke tempat ini di jam kerja (namanya juga wilayah suburban ya nggak ?? jam kantor ya ditinggal penghuninya). Sabtu pastinya daerah ini padat kendaraan. Minggu lumayan sepi tapi mungkin bisa melihat semaraknya daerah ini ketika warga setempat selesai ibadah

Bangunan tua ini ada yang digunakan sebagai gereja, sekolah maupun rumah sakit. Namun karena tidak ada dukungan pemerintah, tentu pemilik rumah memilih menjual rumah mereka dan diubah menjadi ruko ketika mereka membutuhkan uang. Sayang memang

One comment on “Kota Tua Depok

  1. Pingback: Pertama Kali : Njonja Rasa dan Milan Pizzeria Cafe | kisah guru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 15/10/2013 by in liburan and tagged , .

Ranah Rana

Depok mendung berpotensi hujan deras. Harapan sudah di kandang ditemani Sabrina. Kucing yang dibuang org di warung. Cerita soal Sabrina nantj ya. mau buru2 cari lampu. Sabrina mau satu kandang sama Harapan udah puji syukur. koq bs Harapan jejeritan ga ngeong2 di tas selama di kereta? antara kebetulan atau dia tahu saya tidak punya uang naik taksi Kota - Depok. hehe Turun dr kapal, meluncur ke Stasiun Kota. Makan di salah satu restoran ayam di situ supaya ayam bisa dikasi ke Harapan. Sekarang perjalanan naik kereta menuju Depok. Untung kucing Harapan cukup kooperatif. Tidak ngeong dan tidak buang air. 
Jangan ditiru ya >.< kl ketahuan sebenarnya saya hrs turun dari kereta leaving Pulau Kelapa this morning and bring this litte girl with me. 
Semalam ada anak kucing yang terpisah dari induknya. Saya sudah coba cari induk tapi tidak ada. Pagi ini dia dipukul anak kecil. Saya ngamuk. Lalu saya bawa kucing ini di dalam tas. 
saya tahu harapan hidupnya kecil tapi setidaknya kucing kecil ini tahu ada org gila yang memperjuangkan hidupnya sampai titik darah penghabisan. Kucing di pulau sebenarnya mudah ditangkap. Kalau fokus sterilin kucing jantan saja, dalam 3 hari bisa 100 kucing disteril dan kembali dilepas ke alam tanpa perlu perawatan pasca steril yang panjang.

Penduduk di sini tidak masalah berbagi ikan dengan kucing2 liar toh memang ikan ada di mana mana. Tidak ada juga yang akan nyinyir steril murah justru mereka sangat bersukacita karena ada yang kontrol jumlah kucing di sini. Tantangannya cuma satu : duit lagi lagi duit.

Stray cats in this island are so friendly. they are not afraid of human beings. It is easy to catch them. Spay the tom cats and hopefully we can manage cat overpopulation in this island. The challenge always about money money money. #piknikpeentar in Thousand Islands. Jakarta. A place where cats can enjoy meals from visitors without any threats.

Pulau Seribu - sebuah kabupaten di Jakarta dipenuhi kucing yang kebetulan jinak. Sepertinya asyik kl tim Rumah Steril tinggal di sini 3 hari 2 malam mensteril kucing2 jantan yang ada di pulau. Bagaimana? #piknikpeentar menurut @eunikeedian Klinik Hewan dinas Pertanian ini bisa steril kucing Semarang #infosteril #Repost @raratcat with @repostapp
・・・
Hewan kesayangan anda sakit?? Layanan klinik hewan ini lebih terjangkau dibandingkan dengan klinik hewan dokter pribadi / swasta. Melayani konsultasi, pemeriksaan dan pengobatan bagi hewan kesayangan anda. Daftar alamat tempat pelayanan:
- Klinik Hewan Dinas Pertanian Jl. Slamet Riyadi Gayamsari (024) 6714930.
- Pusat Kesehatan Hewan Gunungpati Jl. R.W. Sugiharto Km 11 / Raya Manyaran Gunungpati.
- Pusat Kesehatan Hewan Mijen Kelurahan Tambangan Jl. Raya Semarang Boja, Mijen.

Selain pada tempat pelayanan diatas, jg melaksanakan pelayanan aktif keliling melalui kegiatan Klinik Hewan Keliling & Pengobatan Massal. Biasanya tiap bulan ada jadwal pemeriksaan hewan GRATIS di tiap kelurahan. Namun sayangnya tidak banyak masyarakat yang tau mengenai info ini. Semoga bermanfaat. Monggo di share.

Kicauan

  • capek. ngerjain. printilan. tapi. memang. cuma. ini. bisanya. 2 hours ago
  • RT @arman_dhani: Boas: "Itu napa bis timnas ditimpukin batu?" Andik: "anu, tadi pas masuk stadion ga telolet teloletin bocah vietnam" #DiR2 hours ago
  • *genjrengan all by myself 7hr7mlm* 2 hours ago
  • besok hari yang berat sampai selasa. lalu rabu sterilan T.T 2 hours ago
  • RT @tbputera: [Harry Potter Indonesia] *pake sorting hat 🤓 Bismillah 🎩 hmmm...Kamu masuk...IPA!! 3 hours ago

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

%d bloggers like this: