kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Pertama Kali : #WalkingTour ke #BentengHeritage dengan @Havenuwa

Saya sudah ingin mengunjungi daerah Cina Benteng ini sejak saya kuliah. Berarti saya menunggu 13 tahun untuk akhirnya melihat apa yang saya rindukan. Selain karena tidak ada kawan, jarak tempuh membuat saya ragu untuk pergi ke sana. Akhirnya keinginan saya terwujud ketika @Havenuwa berkicau di Twitter soal perjalanan ke tempat ini. Saya pun mengubah rencana akhir pekan bersama teman saya dari Kota Tua Jakarta ke CIna Benteng Tangerang. Berkumpul di Plasa Semanggi jam 7 pagi, kami kemudian meluncur ke Pusat Laksa Tangerang yang dekat dengan penjara wanita Tangerang. 2005 tempat ini gersang dan sepi. Sekarang sudah rindang dan tidak seseram ketika saya berkunjung ke penjara untuk tugas kuliah. Inilah pertama kali saya mengecap laksa dan saya langsung sukaaaaa

This slideshow requires JavaScript.

Setelah sarapan laksa kami pun melanjutkan menyusuri jalan menuju daerah Pasar Lama. Pinggir sungai Cisadane sudah ditata apik dengan bangku permanen dan pohon rindang untuk membuat nyaman pengunjung. Selalu ada kisah perih dari sebuah tata kota yang nyaman. Korban penggusuran berteriak dan tidak ada penyelesaian yang sama-sama enak.

This slideshow requires JavaScript.

Tiba di Pasar Lama yang sangat ramai mengingatkan saya dengan Petak Sembilan di Sabtu Pagi. Riuh, padat, seru! Tentu saja karena bisa celingukan melihat berbagai jajan pasar. Beberapa kali kami berhenti untuk makan kue jajan pasar, mengunyah otak-otak, membeli sate babi (cuma Santi dan saya sih xixi), menghirup kopi yang baru saja digiling, dan makan es duren di pinggir kali CIsadane. *itu perut apa ember sik sih smua masuk*

This slideshow requires JavaScript.

Heritage Museum, Klenteng, Rumah Burung, rumah – rumah tua, dan masjid di Kalisari seakan bercerita tentang haru biru manis pahit kisah orang-orang Cina (terserah lah ya gw ga tertarik ngikutin pemerintah dan netizen yang menggunakan Tiongkok ataupun Chinese) di Benteng, Tangerang. Dari tim pemandu wisata Heritage Museum (Pak Hendra dan siapa ya nama Kokonya >.<) mengalir cerita tentang burung walet yang sempat ramai di daerah ini, tentang sampan sebagai sarana transportasi utama Bogor – Tangerang, opium, pabrik kecap, kamera, vinyl dan masih banyak lagi dari masa lalu. Tangerang yang modern tidak akan pernah lelah mengejar jaman tapi menemukan orang – orang seperti tim @Havenuwa dan Heritage Museum yang dengan teliti mengumpulkan kepingan masa lalu membuat saya bisa ikut menikmati dan memahami sebuah kisah dari orang-orang yang berjuang di kota Tangerang

Heritage Museum Kota Tua Tangerang

This slideshow requires JavaScript.

Klenteng Boen Tek Bio Tangerang

This slideshow requires JavaScript.

Rumah Burung Kalisari Tangerang

This slideshow requires JavaScript.

Berbagai Sudut Cina Benteng

This slideshow requires JavaScript.

6 comments on “Pertama Kali : #WalkingTour ke #BentengHeritage dengan @Havenuwa

  1. didut
    20/04/2015

    wat? sampe nunggu 13 tahun? =)))

    • vivi
      20/04/2015

      yah begitulah kurang lebihnya *curhatt*

  2. Pingback: Pertama Kali : Pelabuhan Sunda Kelapa | kisah pekerja lepas

  3. Dhika
    26/03/2016

    halo kak,
    rumah burung kalisari itu di daerah mananya tangerang? hehehe
    terima kasih infonya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 18/04/2015 by in liburan and tagged , , .

Ranah Rana

#Repost @lindalbs11 with @repostapp
・・・
Tolong bantu repost dan share ya . Mungkin ada empus2 yg butuh di steril dn ownernya mempunyai dana yg minim bisa bergabung disini. Terimakasih. motorbike taxi to send your cats home :p

I am not feeling well today while at the same time I need to push myself to clean my place & go to work. I am grateful I can easily order motorbike taxi so I still have time to manage stuffs here. it costs ± US$ 2 for each bike. *will collapse in 5..4..3..2..1*

Oh ya, trio Mumu-Mimi-Momo + Iyan saya titipkan ke @pdhribery krn dua alasan. 
1. mimi, mumu, momo masih kecil jd butuh pengawasan full. sewaktu2 mereka sakit, penanganan cepat

2. Iyan baru sembuh dari kencing batu. Masih perlu minum obat selama rawat jalan. Namanya kencing batu bisa sewaktu2 kambuh jd saya titip ke sana supaya kl Iyan ga bs pipis ada yang bantu kuras kantung pipis.

Nah kenapa Sabrina tidak saya titip? Karena sebenarnya Sabrina baru saya ambil beberapa jam sebelum keberangkatan. Jd sudah malam sekali. 
Okeh ceritanya berlanjut nanti. saya hrs kembali bekerja tak jemu2.

#Repost @pdhribery with @repostapp
・・・
Yiiiipiiieee kami naik Ojek Online...😄😄 breakfast time for Sabrina and Harapan. Wet food + warm cat milk. Clean plate in 5 min >.< Depok mendung berpotensi hujan deras. Harapan sudah di kandang ditemani Sabrina. Kucing yang dibuang org di warung. Cerita soal Sabrina nantj ya. mau buru2 cari lampu. Sabrina mau satu kandang sama Harapan udah puji syukur. koq bs Harapan jejeritan ga ngeong2 di tas selama di kereta? antara kebetulan atau dia tahu saya tidak punya uang naik taksi Kota - Depok. hehe Turun dr kapal, meluncur ke Stasiun Kota. Makan di salah satu restoran ayam di situ supaya ayam bisa dikasi ke Harapan. Sekarang perjalanan naik kereta menuju Depok. Untung kucing Harapan cukup kooperatif. Tidak ngeong dan tidak buang air. 
Jangan ditiru ya >.< kl ketahuan sebenarnya saya hrs turun dari kereta

Kicauan

  • nunggu bagasi ky nunggu dikawinin kamu. kburu mati gaya 1 hour ago
  • emang dah. detik2 long wiken k bandara + hujan sore hari bikin wkt abis d jln 1 hour ago
  • bapak sopir hiba cm bs saranin si ibu ini ngojek dr pintu tol tp d luar gerimis 1 hour ago
  • 5 jam. depok cirebon itu mah buat gw. ini cm buat k CGK 2 hours ago
  • makanya kenapa gw males terbang skrg. dr Depok udh hrs pergi 5 jam sblm jam boarding. 3 jam utk perjalanan. 2 jam utk dpt boarding pass 2 hours ago

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

%d bloggers like this: