kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Mengapa Saya Setuju Kucing Saya disuntik Mati

Karena manusia berencana dan Tuhan bercanda, pagi ini saya yang tadinya mau menjemput kucing Upik dari Rumah Sakit Hewan Jakarta malah akhirnya berakhir menguburkan Upik. Kucing Upik adalah kucing pertama yang hidup bersama saya di Depok. Cerita soal awal mula Upik dan Ucrit ada di sini

Upik menghembuskan nafas terakhir jam 11 dan saya masih ingat ketika di Pasar Jatinegara dia cuma terduduk lemah karena lapar. Saya masih inget membawanya cuma dengan tas kain lagi-lagi cuma terduduk tanpa perlawanan, berbeda dengan saudaranya Ucrit yang berulang kali memaksa kabur. Ucrit sendiri menghilang di awal 2014.

Apa sebenernya penyakit Upik? tidak ditemukan sebenarnya tapi kondisi Upik sejak Minggu terus drop. Saya bisa lihat Upik sudah lelah. Upik bahkan sudah tidak bisa berdiri dengan kakinya sendiri. Untuk pertama kalinya dalam hidup, ramot dan saya menanyakan soal euthanasia (di kalangan pecinta hewan kami menyebutnya dengan bahasa yang lebih manis : PTS alias Put-To-Sleep). Saya sendiri sudah terbiasa menandatangani surat persetujuan euthanasia ini sejak 2008. Dimulai dari kucing kecil di Damarsari, kucing tertabrak di Putera Bangsa, kucing saya sendiri Felix, dan sekarang Upik. Tiga yang pertama tertidur tanpa kehadiran saya karena saya sebenarnya tidak pernah sanggup melihat kematian. Cuma untuk Upik, saya hadir. Saya melihat perubahan matanya. Sama seperti ketika mesin pernafasan almarhum bapak saya dihentikan.

Saya tetap berusaha tenang di Rumah Sakit Hewan Jakarta Ragunan. Saya masih membalasi beberapa pertanyaan whatsapp group seperti tidak ada apa-apa tapi saya tahu saya remuk. Saya paham betul orang menganggap PTS atau euthanasia adalah tindakan menjadi Tuhan. Koq tega-teganya.. Satu hal saya tahu bagaimana hewan meregang nyawa menjelang kematian. Kalau mereka bisa memilih pasti mereka tidak mau seperti itu. Upik sudah di RSHJ dengan tim yang memang bisa melaksanakan euthanasia (tidak semua klinik ada fasilitas euthanasia). Tim dokter juga sudah melihat bahwa Upik semakin melemah. Di postingan ini saya mau menjabarkan berapa total biaya yang Ramot harus keluarkan untuk Upik. Transaksi memang kami lakukan dengan kartu kredit karena di RSHJ tidak ada 3 % fee charge. Sebenarnya ini menguntungkan pengguna kartu kredit. Tinggal gesek lalu ubah saja transaksi mengubah jadi cicilan 12 kali.

Untuk yang mau berkomentar ‘koq segitunya buat kucing’.. pastikan dulu anda bukan berada di barisan manusia Indonesia yang :

  1. dibela-belain utang demi acara kawinan 1 hari yg 99% tamunya lu ga kenal tapi toh lu cari utangan supaya membahagiakan orang tua
  2. ngutang buat upacara kematian yang (menurut keluarga besar) sukses.

Kalau memang anda bukan dari golongan tersebut silakan nyinyir. Kalau anda pelaku salah satu tindakan ‘wajar’ kaum beradat berbudaya di Indonesia yang saya sebutkan di atas, just shut up. Terlampir biaya Upik dari hari Minggu 9 Agustus 2015 sampai Kamis 13 Agustus 2015 di luar biaya ke Klinik Hewan Depok Minggu pagi.

  • 16 buah syringe Rp. 3000 = Rp. 48.000
  • Cek Lab QBC Rp.100.000
  • Cek Lab Fecesnatif Rp. 25.000
  • Cek lab Ureum Rp. 50.000
  • Cek leb Alt (SGPT) Rp. 50.000
  • Cek Lab Alp Rp. 70.000
  • Cek lab Tokso Rp. 220.000
  • 12x Obat Amccilin Ink Rp.13.000 = Rp. 156.000
  • Metronidazole 1 botol Rp. 98.000
  • Asering Infus 3 botol Rp. 99.000
  • 4 Catosal Rp. 11.000 = Rp. 44.000
  • Rawat Inap 4 x Rp. 70.000 = Rp. 280.000
  • X-Ray besar Rp. 250.000
  • Registrasi Rp. 27.500
  • Emergency di Minggu pagi Rp. 200.000
  • Visit dokter 4 hari x Rp. 20.000 = 80.000
  • Euthanasia Rp. 400.000

Totalnya ? Rp. 1.735.250 + Rp. 682.000.

Oh jelas aja ya hobi sik memang diniatin. Cuy kalau hobi, gw mah mending koleksi Lego. Sama kaya lu lu smua yang bela-belain cari pinjeman ke bank demi kawinan sesuai standar emak babe lu, begitu juga Upik.. she was my family. Ketika seluruh orang sudah ga tahan dengan ruko panas, cuma dia yang mau menemani bertahan. I might not her perfect owner but I have tried my best to support her.

This slideshow requires JavaScript.

5 comments on “Mengapa Saya Setuju Kucing Saya disuntik Mati

  1. Pingback: Kucing & Teh | kisah pekerja lepas

  2. Pingback: Kilas Balik 2015 : Soal Kucing | kisah pekerja lepas

  3. Pingback: Sepotong Cerita Gunung Sindur dan Body Talk for Animals di Friskies CatVenture | kisah pekerja lepas

  4. masfuk mubarok
    23/04/2016

    Salut ,,Sampe segitunya ya mbak…

    • vivi
      23/04/2016

      dan saya msh suka mewek kl ingat

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 13/08/2015 by in anjingkucing and tagged , , .

Ranah Rana

Body Talk workshop. Further info please contact @drhrani :* So why some vets offer HUMAN birth control injection to cats? well many reasons I can't mention in social media of course. duuuhhh.

Is it safe? apakah aman? seminggu sekali saya selalu terima whatsapp org yang panik tanya apakah bisa steril kucingny pyometra segera. Begitu dari lubang vagina keluar cairan putih nanah, kejaran waktu dimulai antara : mendapatkan dokter hewan yang siap untuk tindakan operasi dan DANA. Kl pecah? ya RIP. sederhana. 
Lanjutkan suntik KB nya! lanjutkan sayang. Nangis2nya nanti ke dokter hewan yang suntikin ya. bukan ke saya.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Bulatan putih ini nanah yang kl sampai pecah berbahaya untuk kucingnya. 
Selain karena suntik KB, pyometra bisa terjadi karena beberapa sebab lainnya. #infosteril The main problem among Indonesian cat lovers: they can't afford neuter / spay fee. Even when they ask how much is it cost in Rumah Steril (±US$ 30), they still complaining the price is expensive. 
So what happen next? some vets in Indonesia offer human birth control injection. it is cheap with consequences. Pyometra for example. 
I do not mind. Feel free to keep doing it. not my cats anyway.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Belajar Yuk!
Ovarium yang sehat ada di kiri.
Ovarium yang tengah ada kista (bening jd memang susah keliatan sih).
Ovarium yang kanan penuh nanah. LANJUTKAN SUNTIK KB NYA. lanjutkannn.... #infosteril I don't know about other country, but in Indonesia, it is cheaper to bring your cat in food container like this instead of pet cargo. We call it 'rio basket' because you can find RIO sticker on it.

It can be found in pet shop or grocery store like this :) utk yang baru pakai instagram, begini cara mencari info steril. Masukkan tanda pagar (#) lalu kata kunci 'infosteril' seperti contoh di samping.

Kamu bisa menemukan banyak informasi steril di berbagai kota. Ada yang rutin seperti Steril Yuk di Bekasi, Steril di Jogja, Surabaya dan kami sendiri Rumah Steril di Depok.

Kalau sebuah kota tidak bisa rutin steril, maklumilah. Ingat:
1. dokter hewan tidak sebanyak rumah makan padang di kota kamu

2. tidak semua dokter hewan setuju dengan steril murah.

Kicauan

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

