kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Bakat Bukan Takdir. Loh Kog Gitu @bukik ?

Bakat Bukan Takdir ini mengingatkan saya dengan buku self-assessment, buku pelatihan dan buklet konseling semasa kuliah. Saya suka sekali dengan bagian-bagian yang mana pembaca perlu menuliskan kondisi mereka dan target yang ingin dicapai. Harap maklum, salah satu penulis buku ini, Andrie, memang telah malang melintang dalam dunia pelatihan. Bukik sendiri dikenal sebagai aktivis pendidikan. Buku ini seperti berbicara dua arah. Bukik dan Andrie menyampaikan sesuatu, lalu pembaca mencoba menerapkan atau menuliskan kondisinya saat ini.

Intinya buku ini soal mempersiapkan karier anak sejak dini. Ketika berbicara persiapan karier, harap tidak melihat sebagai sesuatu program ambisius yang menjemukan. Orang tua bertugas sebagai fasilitator yang membangkitkan keingintahuan anak sehingga anak memiliki kemerdekaan untuk belajar. Ada perbedaan antara belajar karena disuruh dengan belajar karena penasaran ingin mengetahui sesuatu. Yang ingin dijabarkan Bukik dan Andrie adalah yang kedua.

Kesalahan umum yang sebenarnya fatal tapi jadi lumrah di masyarakat era pendidikan pabrikan adalah:

  1. mempersiapkan karier anak dengan hanya melihat sebatas lulus ujian. Anak belajar hanya untuk tes. Orang tua memastikan anak lulus UN SD tinggi supaya bisa diterima di SMP terbaik, lulus UN SMP supaya bisa diterima di SMA terbaik. Menjelang SMA, anak baru gelagapan memikirkan jurusan apa yang dipilih karena tidak ada satu pun keahlian hidup yang mereka kuasai secara optimal. Taruhlah mereka menguasai bermain musik, orang tuanya tidak cukup punya keberanian investasi di pendidikan musik apalagi mendorong anak-anak mulai menyusun portfolio dalam bentuk video di Youtube misalnya.
  2. Berpikir bahwa bakat yang akan menjadi karier mereka cuma satu padahal 1 manusia bisa memiliki beberapa bakat yang diasah dan dipertajam sepanjang seorang manusia itu hidup. Itu berarti terlambat jika baru memikirkannya ketika anak sudah SMA.

bakat bukan takdir hal 44

Seringkali orang tua saat ini yang mana adalah hasil pendidikan pabrikan (baca: pendidikan yang bersifat satu arah untuk mempersiapkan lulusan jadi karyawan dengan tugas rutin) tidak cukup mau mengubah pola pikirnya bahwa BELAJAR untuk LULUS UJIAN sudah usang untuk abad 21. Potensi yang dimiliki setiap individu yang dilahirkan ke dunia seharusnya diasah sedemikian rupa karena 10-20 tahun yang akan datang begitu banyak profesi kreatif yang muncul.

bakat bukan takdir hal 40

Orang tua mengeluhkan pendidikan Indonesia yang masih semakin sulit dan sibuk memastikan anaknya lulus di setiap ujian tapi di sisi lain melupakan bahwa anak-anak mereka melihat potensi yang bisa menjadi bakat dan mendukung karier mereka. Di sini lah Bukik dan Andrie ingin memberi tahu, bakat bukan takdir. Bakat perlu terus dilatih dengan konsisten belajar. Tentu saja belajar ini tidak akan menjadi menjemukan karena anak tahu ia ingin potensi yang ia miliki terus tumbuh dan berkembang.

Banyak sekali lembar kerja yang bisa digarap oleh orang tua di buku ini. Untuk yang masih percaya bahwa kecerdasan diukur dengan angka dan dijadikan topik pembicaraan dalam ajang acara keluarga, siap untuk menerima kenyataan bahwa kecerdasan itu majemuk. Bingung? silakan baca buku ini dan yang lebih seru lagi hanya dengan mendaftarkan surat elektronik ke Bakat.TemanTakita.com, anda bisa mendapat berita terbaru seputar pelatihan pengembangan bakat anak dari Takita.

bakat bukan takdir af

Last but not least,dear parents, you are facilitator. Your kids are not responsible to accomplish your broken dreams.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 05/04/2016 by in buku, lesson, Ulasan and tagged , , , , , .

Ranah Rana

Kashmere & Goofy. I used to have ball for Goofy to play with but I lost it couple months ago. They seem happy to play with newspaper.. Ini kertas koran digelar supaya mereka bisa pipis dan pup waktu malam. Biasanya sih kl dibawa jalan, ga ada acara pipis malam. Cuma hari ini di Depok dingin jd gelar koran aja. Can I just write it : no caption needed just like selebgram? 
Kalau diperhatikan saya sekarang ga pernah cantumin tanggal apalagi harga karena saya tahu ada follower yang sekedar jadi mata2 dan ngomongin di belakang ;) Nah semua yang pernah wa ke saya jg nyadar saya akan selalu tanya nama dulu baru jelasin bla bla bla. 1. itu soal etiket ya dek. 2. saya selalu simpan semua data org2 yang tanya2. Beberapa bulan kemudian org tersebut cuma nanya sepele atau akhirnya daftar pasti saya jawab. Kadang aja suka kelewat :) Body Talk workshop. Further info please contact @drhrani :* So why some vets offer HUMAN birth control injection to cats? well many reasons I can't mention in social media of course. duuuhhh.

Is it safe? apakah aman? seminggu sekali saya selalu terima whatsapp org yang panik tanya apakah bisa steril kucingny pyometra segera. Begitu dari lubang vagina keluar cairan putih nanah, kejaran waktu dimulai antara : mendapatkan dokter hewan yang siap untuk tindakan operasi dan DANA. Kl pecah? ya RIP. sederhana. 
Lanjutkan suntik KB nya! lanjutkan sayang. Nangis2nya nanti ke dokter hewan yang suntikin ya. bukan ke saya.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Bulatan putih ini nanah yang kl sampai pecah berbahaya untuk kucingnya. 
Selain karena suntik KB, pyometra bisa terjadi karena beberapa sebab lainnya. #infosteril The main problem among Indonesian cat lovers: they can't afford neuter / spay fee. Even when they ask how much is it cost in Rumah Steril (±US$ 30), they still complaining the price is expensive. 
So what happen next? some vets in Indonesia offer human birth control injection. it is cheap with consequences. Pyometra for example. 
I do not mind. Feel free to keep doing it. not my cats anyway.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Belajar Yuk!
Ovarium yang sehat ada di kiri.
Ovarium yang tengah ada kista (bening jd memang susah keliatan sih).
Ovarium yang kanan penuh nanah. LANJUTKAN SUNTIK KB NYA. lanjutkannn.... #infosteril

Kicauan

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

%d bloggers like this: