kisah pekerja lepas

dan kesehariannya

Mogok Sekolah!

Anak tak antusias dengan metode belajar di sekolah? Anak malas mendengarkan gurunya di kelas? Anak malas sekolah, dan bahkan tiba-tiba mogok ke sekolah? Setiap orang tua yang sudah menyekolahkan anaknya pasti sudah tak asing dengan problema yang satu ini.
Sebenarnya, sebagai orang tua, bagaimanakah sikap yang tepat menghadapi hal ini?
Sebagai orang tua yang bijak, tentunya kita tidak serta-merta memarahi anak kita karena malas sekolah, bukan? Kita tentu ingat bahwa dulu pun kita pernah mengalami yang namanya bosan sekolah dan malas belajar di sekolah. Tentunya semua itu ada sebabnya. Jadi sebelum kita membebankan kesalahan kepada anak kita, ada baiknya kita tanya anak kita baik-baik, apa yang membuatnya tidak antusias belajar di sekolah.
Tanpa perlu membesar-besarkan, bosan mendengarkan penjelasan guru di kelas atau malas sekolah, adalah hal yang lumrah terjadi. Coba bayangkan, jika berjam-jam kita terpaksa harus mendengarkan penjelasan dari materi pelajaran yang itu-itu juga, kita juga akan bosan, bukan? Apalagi jika penjelasannya berupa uraian panjang dengan kalimat-kalimat membosankan, tentu akan lebih bosan lagi. Itulah sebabnya, di jam pelajaran terakhir, semangat untuk tetap belajar di kelas biasanya telah habis dan berganti dengan rasa kantuk dan bosan yang tak tertahankan.
Metode belajar di sekolah, tak dapat dipungkiri juga cenderung monoton dengan rutinitas belajar yang hampir selalu sama. Jam pelajaran yang berlangsung cukup panjang dari pukul 07.00 hingga pukul 14.00 setiap hari, setiap minggu, selama bersemester-semester tentunya dapat mengundang kejenuhan. Di luar jam sekolahpun, anak masih dibebani dengan banyak PR dan les-les dengan materi pelajaran serupa. Padahal, jiwa anak-anak cenderung masih mempunyai kebutuhan yang besar akan kegiatan dan aktivitas yang menarik, bervariasi, dan penuh permainan menghibur. Untuk itu, seharusnya orang tua tak perlu mengerutkan dahi ketika anaknya tiba-tiba malas sekolah.
Di saat-saat seperti inilah, anak membutuhkan bantuan dan semangat dari orang tua. Semangat dan motivasi untuk tetap rajin belajar demi masa depan mereka sendiri, akan sangat dibutuhkan anak. Lalu bagaimana caranya mengatasi “si bosan” dan “si malas” ini? ?
Yang pertama kali perlu diingat ketika anak tak antusias/malas belajar di sekolah, orang tua hendaknya tidak memaksa/menekan anak agar “episode” malasnya segera diakhiri. Ketika dipaksa dalam keadaan sudah jenuh, anak hanya akan memberontak dan makin tidak menyukai sekolah. Sebaliknya, pada saat seperti ini orang tua hendaknya lebih dulu mengevaluasi kegiatan dan metode belajar yang dijalani anak selama ini. Apakah anak terlalu banyak terbebani dengan les-les sehingga kegiatan belajarnya menjadi terlalu berat dan tidak lagi menyenangkan? Apakah selama ini orang tua sudah cukup perhatian dan terlibat secara aktif dalam mendukung kegiatan belajar anak? Apakah metode belajar yang dijalani anak sudah efektif? Apakah metode belajar anak sudah cukup variatif dan menyenangkan baginya?
Dari semua les yang diikuti anak, bisa jadi tidak semua les tersebut benar-benar perlu diikuti anak. Seringkali terjadi, orang tua memasukkan anak ke sebuah les berdasarkan keinginan orang tua sendiri, bukan berdasarkan kondisi, keinginan, dan kemampuan anak. Untuk memperbaiki atau meningkatkan kemampuan anak, les bukanlah satu-satunya solusi. Bahkan bisa jadi, dengan terlalu banyak les melebihi yang dibutuhkan, anak justru akan jenuh/mudah bosan karena harus dihadapkan dengan pelajaran dan buku terus-menerus. Akan lebih baik jika orang tua mau dan mampu membimbing sendiri anak untuk belajar ekstra di rumah. Orang tua yang mengetahui karakter dan pribadi anaknya, akan bisa merancang sendiri metode belajar yang menyenangkan bagi anak.
Mengajak anak untuk belajar bersama tentunya lebih efektif daripada sekedar menyuruh anak untuk belajar. Hal ini karena dengan cara ini, anak akan merasakan perhatian orang tua dan merasakan bahwa orang tua benar-benar peduli dan ingin ikut andil dalam kemajuan dirinya. Bukan sekedar peduli untuk menyuruhnya belajar saja.
Belajar bersama anak tidak hanya dengan cara duduk bersama mengerjakan soal-soal latihan di meja belajar. Ada banyak cara belajar yang bisa dilakukan orang tua bersama anak. Jika anak mengeluh penjelasan gurunya di sekolah membosankan, orang tua bisa mengajak anak mencari informasi yang sama melalui internet. Di jaman teknologi ini, hampir tidak ada informasi dan pengetahuan yang tidak bisa didapatkan dari internet. Bahkan saat ini telah ada situs-situs pendidikan seperti http://www.khanacademy.org yang menyajikan berbagai materi pelajaran secara gratis, dimana semua orang dari segala umur bisa menggunakannya.
Jiwa anak-anak umumnya menyenangi permainan. Orang tua bisa belajar bersama anak dengan cara bermain peran (role playing). Role playing adalah suatu metode untuk menguasai materi pelajaran dengan cara memerankan tokoh hidup maupun benda mati yang sedang dipelajari. Dengan metode ini, penghayatan dan imajinasi anak akan berkembang. Anak pun dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah. Hal ini juga sekaligus melatih kemampuan sosialnya, selain meningkatkan kemampuan pribadi.
Orang tua juga bisa membimbing anak belajar sambil jalan-jalan. Ajaklah anak ke pasar, ke museum, pementasan budaya, galeri seni, dsb. Sambil jalan-jalan dan menyegarkan pikiran, tanpa terasa anak dapat menyerap informasi dan pengetahuan lebih mudah karena disajikan dengan cara dan suasana yang menarik.
Sejak usia dini, orang tua dianjurkan mendongeng untuk anaknya. Salah satu sebabnya adalah dongeng berhasil menggabungkan unsur pendidikan sekaligus unsur hiburan (entertainment). Unsur pendidikan terdapat pada kegiatan mendongeng karena dongeng mengajarkan anak berbagai macam nilai, petualangan intelektual, pengalaman spiritual, dan permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Namun, tak dapat dipungkiri dongeng juga menyajikan unsur hiburan melalui kosa kata, sifat, dan gambaran pengalaman tokoh-tokohnya yang lucu.
Dengan metode dan cara-cara belajar seperti di atas, anak dirangsang keaktifan belajarnya. Dengan belajar secara aktif, anak terlibat secara langsung di dalam penguasaan dan pemahaman materi yang dipelajari. Dengan demikian, anak akan terpancing berani untuk langsung bertanya jika ada yang belum dia pahami. Selain itu, anak juga bisa bebas mengemukakan pikiran dan pendapatnya.
Yang tak kalah pentingnya, orang tua sebaiknya tidak melupakan kebutuhan emosional anak. Bagaimanapun, rasa bosan dan malas belajar merupakan permasalahan yang berada dalam ranah emosional. Jadi sepatutnyalah orang tua tidak hanya memperhatikan hal-hal fisik seperti nilai anak, PR, dsb. Kebutuhan anak untuk menyegarkan pikiran agar mampu kembali semangat belajar hendaknya lebih diperhatikan. Berikan penghargaan dan rasa aman kepada anak, bahwa ia bukan dinilai dari nilai di raport, melainkan usaha belajarnya. Sekecil apapun usaha anak untuk belajar, orang tua hendaknya menghargai dan memberikan pujian/reward. Dengan demikian, anak akan mengasosiasikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan. Anak pun akan merasa aman karena diterima apa adanya.
Bagaimanapun, ingatkan anak bahwa ia belajar demi masa depannya sendiri. Ia belajar agar dapat meraih cita-cita yang diinginkannya. Dengan demikian, semangat dan motivasi belajar akan muncul dari dalam dirinya sendiri. Semangat dan motivasi yang berasal dari dalam, tentunya tak akan mudah dipatahkan oleh kondisi-kondisi seperti rasa bosan maupun malas. Jika rasa bosan/malas datang, semangat dan motivasi diri akan tetap menggerakkan anak untuk tetap kreatif mencari dan menjalani cara-cara belajar yang lebih menyenangkan dan efektif, tentunya tanpa meninggalkan metode belajar yang biasa di sekolah. (DODP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Ranah Rana

Body Talk workshop. Further info please contact @drhrani :* So why some vets offer HUMAN birth control injection to cats? well many reasons I can't mention in social media of course. duuuhhh.

Is it safe? apakah aman? seminggu sekali saya selalu terima whatsapp org yang panik tanya apakah bisa steril kucingny pyometra segera. Begitu dari lubang vagina keluar cairan putih nanah, kejaran waktu dimulai antara : mendapatkan dokter hewan yang siap untuk tindakan operasi dan DANA. Kl pecah? ya RIP. sederhana. 
Lanjutkan suntik KB nya! lanjutkan sayang. Nangis2nya nanti ke dokter hewan yang suntikin ya. bukan ke saya.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Bulatan putih ini nanah yang kl sampai pecah berbahaya untuk kucingnya. 
Selain karena suntik KB, pyometra bisa terjadi karena beberapa sebab lainnya. #infosteril The main problem among Indonesian cat lovers: they can't afford neuter / spay fee. Even when they ask how much is it cost in Rumah Steril (±US$ 30), they still complaining the price is expensive. 
So what happen next? some vets in Indonesia offer human birth control injection. it is cheap with consequences. Pyometra for example. 
I do not mind. Feel free to keep doing it. not my cats anyway.

#Repost @rumahsteril with @repostapp
・・・
Belajar Yuk!
Ovarium yang sehat ada di kiri.
Ovarium yang tengah ada kista (bening jd memang susah keliatan sih).
Ovarium yang kanan penuh nanah. LANJUTKAN SUNTIK KB NYA. lanjutkannn.... #infosteril I don't know about other country, but in Indonesia, it is cheaper to bring your cat in food container like this instead of pet cargo. We call it 'rio basket' because you can find RIO sticker on it.

It can be found in pet shop or grocery store like this :) utk yang baru pakai instagram, begini cara mencari info steril. Masukkan tanda pagar (#) lalu kata kunci 'infosteril' seperti contoh di samping.

Kamu bisa menemukan banyak informasi steril di berbagai kota. Ada yang rutin seperti Steril Yuk di Bekasi, Steril di Jogja, Surabaya dan kami sendiri Rumah Steril di Depok.

Kalau sebuah kota tidak bisa rutin steril, maklumilah. Ingat:
1. dokter hewan tidak sebanyak rumah makan padang di kota kamu

2. tidak semua dokter hewan setuju dengan steril murah.

Kicauan

Perpustakaan

Page Rank

Follow kisah pekerja lepas on WordPress.com

Profil Pekerjaan

%d bloggers like this: